Teluk Kiluan - Ayo Wisata

Pencarian

Teluk Kiluan

2016-12-13

Pintu Masuk Teluk Kiluan. sumber: blogjokokblog.blogspot.co.id


Wisata Teluk Kiluan terletak di desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung sangat cocok bagi para wisatawan penggemar petualangan. Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Perjalanan menuju Teluk Kiluan ini saja sudah merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Jalan darat di Pesisir Barat Sumatera ini belum terlalu mulus sehingga diperlukan kemampuan yang cukup dalam berkendara untuk melewatinya.

Anda perlu berhati-hati dalam berkendara karena jalanan menuju desa Kiluan banyak lubang dan terjal. Jadi disarankan agar tidak pergi maupun pulang pada malam hari menuju Kiluan karena tidak adanya penerangan disepanjang jalan serta tikungan dan turunan yang tajam dengan kondisi badan jalan yang berlubang tentunya akan sangat membahayan keselamatan Anda.

Jalan Menuju Kiluan. sumber: jefrihutagalung.wordpress.com
Namun walau pun demikian, disepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang menyejukan mata seperti perjalanan diantara sawah, melewati kolam-kolam pembuatan garam dengan banyak kincir airnya, bukit-bukit hijau yang membentang. Di sepanjang jalan juga banyak biji-biji cengkah yang dijemur. Sapi-sapi dan kambing juga banyak kita temui disepanjang jalan.

Suasana di desa Kiluan sangatlah nyaman dan asri. Untuk menyebrang ke Pulau Kiluan Anda bisa menggunakan perahu dengan biaya sekitar Rp. 30.000,- untuk pergi-pulang menuju dan dari Pulau Kiluan. Perjalanan untuk menyebrang menuju Pulau Kiluan memakan waktu 10-15 menit.

Perahu Penyebrangan Menuju Pulau Kiluan. sumber: jefrihutagalung.wordpress.com
Setibanya Anda di Pulau Kiluan, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan hamparan pantai yang tidak terlalu lebar namun mempesona. Pulau Kiluan tidaklah luas namun memiliki pemandangan biorama sekitar yang eksotis. Jernihnya air laut yang hijau kebiruan sangatlah indah. Untuk menikmati Pulau Kiluan Anda dikenakan biaya Rp. 5.000,- per orang yang dibayarkan kepada pengelola. Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Pulau Kiluan, yaitu penginapan dengan biaya Rp. 350.000,- per malam tanpa batasan jumlah orang yang akan menginap. Pihak pengelola juga menawarkan jasa penyawaan alat snorkling dengan biaya sekitar Rp. 25.000,- dan jaket pelampung dengan biaya Rp. 10.000,-. Bila Anda ingin menginap di homestay Anda bisa merogoh kocek yang tidak terlalu dalam, hanya sekitar Rp. 100.000-200.000 dengan biaya makan per porsi Rp. 15.000,- .

Bila Anda ingin melihat lumba-lumba di alam bebas, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lovina, Bali. Anda cukup datang ke Teluk kiluan. Untuk melihat atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung hanya bisa dipagi hari dari pukul 06.00-10.00. Anda bisa menyewa perahu seharga Rp. 250.000,- untuk 3 orang. Dengan perahu Anda dapat pergi ke tengah laut dengan waktu sekitar 20-30 menit dari bibir Pantai Kiluan. Setidaknya ada dua jenis lumba-lumba di perairan sekitar Teluk kiluan. Spesies pertama yaitu lumba-lumba Hidung Botol dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Dan spesies yang kedua yaitu lumba-lumba Paruh Panjang yang berbadan lebih kecil dan senang melompat.

Atraksi Lumba-lumba disekitar Teluk Kiluan. sumber: jefrihutagalung.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags