Air Terjun Ciupang, Potensi Wisata Yang Menakjubkan Di Bumi Andan Jejama Pesawaran - Ayo Wisata

Pencarian

Air Terjun Ciupang, Potensi Wisata Yang Menakjubkan Di Bumi Andan Jejama Pesawaran

2017-01-15

Bumi Andan Jejama memang memiliki pesona yang luar biasa. Selain pemandangan pantai dan pulau yang indah, Kabupaten Pesawaran juga memiliki permandangan perbukitan yang sangat menakjubkan. Selain pemandangannya yang indah, perbukitan tersebut sering dikunjungi para pendaki atau pun wisatawan yang jauh-jauh datang untuk melegakan fikiran yang penat dengan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya pemandangan yang di miliki oleh Kabupaten Pesawaran, lokasi wisata lain seperti air terjun pun ada di sini. Air Terjun Ciupang yang berada di kecamatan Padang Cermin adalah salah satunya.

Air Terjun Ciupang. sumber: lampungtimes.com
Sebuah Air Terjun yang berada di dusun Purwajaya, pekon/desa Sumberjaya, kecamatan Padang Cermin, kabupaten Pesawaran, Lampung ini menyuguhkan pemandangan yang alami dan asri dengan tumbuhan-tumbuhan yang hijau disekelilingnya. Air Terjun Cipuang ini memiliki dua sisi yakni atas dan bawah. Batuan yang menyusun air terjun ini pun berbentuk tangga yang memudahkan pengunjung untuk menimati sisi air terjun yang berada di atas. Bagi anda yang tidak berani untuk mencoba naik dan mencoba sensasi air terjun di sisi yang berada di atas, anda cukup menikmati pemandangannya dari sisi bawah air terjun saja. Namun bagi anda yang merasa tertantang untuk mencoba sisi atas air terjun, anda bisa naik melalui pinggir sisi air terjun bawah. Yang perlu diperhatikan adalah anda harus berhati-hati karena permukaan batuannya yang licin, jangan sampai anda terjatuh saat mencoba untuk naik karena akan sangat fatal akibatnya.

Tampak Sisi Air Terjun Atas dan Bawah. sumber: jelajahlampung.com
Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan Air Terjun Ciupang anda harus menempuh perjalanan dari Bandar Lampung menuju pekon/desa Sumberjaya melalui Jalan Laksamana RE. Martadinata ke arah Padang Cermin yang tentunya melewati Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara atau Kelapa Rapat dan Pantai Batu Mandi atau yang bisa disebut Pantai Klaura. Setelah sampai di kecamatan Padang Cermin anda akan menemukan sebuah pertigaan yang mana jika ke kiri adalah menuju Punduh Pidada dan yang ke kanan adalah menuju Kedondong. Kemudian anda pilih jalan kanan ke arah Kedondong dan ikuti jalan tersebut hinggan anda bertemu dengan Pasar Kluwih. Setelah melewati pasar tersebut anda akan bertemu lagi dengan sebuah pertigaan yang mana jalan ke arah kiri adalah menuju Kelumbayan dan jalan yang kearah kanan adalah menuju Kedondong, lalu anda pilih jalan arah kiri menuju Kelumbayan dan terus ikuti jalan tersebut hingga anda menemukan SMP 1 Atap yang berada di pekon/desa Sumberjaya. Anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut hingga sampai di dusun Purwajaya. Jarak dari pertigaan Padang Cermin menuju lokasi Air Terjun Ciupang adalah sekitar 9-10 kilo meter. Sedangkan lama perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju lokasi air terjun adalah sekitar 3 jam. Untuk bisa sampai di lokasi air terjun anda harus menempuh selama sekitar 20 menit dengan berjalan kaki. Mengenai masalah kendaraan anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menitipkan kendaraan anda di rumah-rumah warga.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags