Pulau Kubur, Pulau Di Kawasan Bandar Lampung - Ayo Wisata

Pencarian

Pulau Kubur, Pulau Di Kawasan Bandar Lampung

2016-12-30

Bandar Lampung adalah ibu kota provinsi Lampung. Sebagai kota yang juga menjadi pusat pemerintahan provinsi Lampung tentunya menjadikan kota Bandar Lampung sangat padat oleh aktivitas manusia. Mulai dari aktivitas pendidikan sampai dengan aktivitas perindustrian ada di sini. Banyak sekali interaksi yang terjadi di kota ini mulai dari interaksi sosial hingga pertukaran budaya yang umumnya terjadi di daerah perkotaan yang padat akan pengunjung.

Wellcome Bandar Lampung. sumber: tribunnews.com
Namun dengan hiruk-pikuknya, siapa sangka kota Bandar Lampung juga menyimpan pesona wisata yang menakjubkan. Selain kabupaten seperti Lampung Selatan atau Pesawaran yang mempunyai banyak wisata pulau, ternyata Bandar Lampung juga memiliki destinasi wisata pulau yang tidak kalah indah dari pulau-pulau yang ada di Lampung Selatan dan Pesawaran. Pulau tersebut adalah Pulau Kubur. Mungkin anda yang baru pertama kali mendengar nama ini yang terfikir dibenak anda adalah pulau yang dijadikan tempat pemakaman. Namun jangan khawatir, karena dipulau ini sama sekali tidak terdapat makam. Pemberian nama Pulau Kubur karena pulau ini dulunya dijadikan sebagai tempat untuk upacara penaburan abu jenazah ke laut. Dari situlah pulau ini diberi nama Pulau Kubur.

Pulau Karang Lampung. sumber: indonesia-tourism.com
Secara administratif memang pulau ini berada di kawasan Bandar Lampung dan merupakan pulau terluar dan berbatasan langsung dengan kawasan kabupaten Pesawaran. Pulau ini adalah pulau karang dan daratannya terdiri dari karang besar yang dikelilingi oleh laut. Pulau ini terbagi atas dua bagian yang mana pada satu bagian terdiri atas pantai dan pada bagian lainnya terdiri atas tebing karang yang menjulang.

Sisi Pantai Pulau Kubur. sumber: indonesia-tourism.com
Sisi Karang Pulau Kubur. sumber: indonesia-tourism.com
Sebenarnya dahulu kala Pulau Kubur terhubung dengan daratan utama pulau yang ada didekatnya yakni Pulau Pasaran. Namun karena ombok yang terus-menerus mengikis permukaan daratannya, kemudian pada akhirnya membuat bagian kecil dari pulau ini terpisahkan oleh lautan, dan membagi pulau ini menjadi dua. Kini pulau ini telah menjadi Pulau Kubur dan Pulau Pasaran.

Untuk menuju pulau ini anda bisa dimulai dari Pantai Puri Gading atau Pantai Tirtayasa yang jaraknya berdekatan dengan Pulau Kubur. Dengan menyewa perahu motor dan menempuh waktu sekitar 10 menit anda sudah bisa sampai di Pantai Kubur dan bisa menikmati pesonanya.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags