Berkunjung Dan Menyapa Indanya Pemandangan Air Terjun Way Kalam - Ayo Wisata

Pencarian

Berkunjung Dan Menyapa Indanya Pemandangan Air Terjun Way Kalam

2017-01-28

Menara Siger Lampung. sumber: kennycandra22.blogspot.co.id
Bumi Lampung memang tidak pernah kehabisan stok lokasi wisata. Mulai dari pantai, pulau, sampai wisata air terjun pun ada di bumi yang berselogan Sai Bumi Ruwa Jurai ini. Selain pemandangan yang menawan dan menyejukkan hati, suasana yang tenang dan damai pun menjadi perburuan utama para wisatawan yang datang ke bumi Lampung. Hampir setiap akhir pekan wisata Lampung ramai dikunjungi wisatawan yang berasal dari sekitaran Lampung bahkan ada juga yang datang dari luar Lampung yang sengaja datang untuk menikmati indahnya pesona alam Lampung.

Indahnya Pesona Alam Lampung. sumber: malahayati.ac.id
Bagi anda yang sering datang untuk berkunjung ke lokasi-lokasi wisata Lampung, mungkin mendengar nama Lampung Selatan sudah tidak asing lagi ditelinga. Sebuah kabupaten yang berada di ujung Pulau Sumatera dan merupakan pintu gerbang jalur lalu lintas dari Pulau Jawa ini memang dikaruniai pesona alam yang menakjubkan. Mulai dari Pantai Embe, Pantai Wartawan, Pulau Sebuku dan Sebesi, Sampai dengan Air Terjun Cicurug dan Air Terjun Secakhah. Selain beberapa lokasi wisata tadi, Lampung Selatan juga masih memiliki wisata air terjun yang cukup menarik untuk anda kunjungi. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Way Kalam.

Air Terjun Way Kalam. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Air Terjun Way Kalam ini berada di kawasan register 3 Gunung Raja Basa, Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Pemberian nama Way Kalam sendiri berasal dari nama desanya yang juga bernama Way Kalam. Arti kata Way Kalam sendiri berasal dari bahasa Lampung yaitu Way yang artinya "Air", dan Kalam yang artinya "Batu Cadas". Jadi jika diartikan secara keseluruhan arti kata Way Kalam memiliki arti air yang keluar mengalir dari batu cadas.

Air terjun dengan ciri khas bebetuan besar disekitar lokasi air terjun ini memiliki pemandangan yang masih sangat terjaga. Selain itu juga terdapat Air Terjun Anakan Way Kalam yang letaknya tidak jauh dari air terjun utama. Untuk anda yang berkunjung ke Air Terjun Way Kalam tidak ada salahnya jika anda juga berkunjung ke Air Terjun Anakan Way Kalam. Walau pun debit airnya tidak sederas dan tingginya pun tidak setinggi air terjun utama. Namun pesona Air Terjun Anakan Way Kalam juga tidak kalah indah dengan air terjun utama.

Air Terjun Anakan Way Kalam. sumber: pokdarwis-wayterjun.blogspot.co.id
Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini ada dua rute yang bisa anda tempuh. Yang pertama anda bisa melalui Desa Rawi, Dusun Merambung ke arah Desa Padan dan selanjutnya tembus ke Desa Way Kalam. Kemudian rute yang kedua anda bisa melalui Desa Banjar Masin di Kecamatan Penengahan ke arah Gunung Raja Basa yang juga tembus ke Desa Way Kalam. Setelah sampai di Desa Way Kalam perjalanan masih berlanjut selama sekitar 15 menit menuju lokasi air terjun.  Kemudian anda akan bertemu dengan parkiran pertama yang merupakan parkir khusus kendaraan roda 4. Jika anda membawa kendaraan roda 4 silakan parkir kendaraan anda disini, namun jika anda membawa kendaraan roda 2 anda masih harus menempuh waktu sekitar 2 menit lagi untuk sampai di parkiran kedua yang merupakan parkiran khusus kendaraan roda 2 dan juga sebagai pintu gerbang menuju Air Terjun Way Kalam.
Parkir Motor. sumber: kaliandanews.com
Pintu Masuk Kawasan Air Terjun. sumber: kaliandanews.com
Persimpangan Menuju Air Terjun Way Kalam dan Air Terjun Anakan. sumber: kaliandanews.com

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags