Yuk Belajar Membuat Ikan Teri Di Pulau Pasaran - Ayo Wisata

Pencarian

Yuk Belajar Membuat Ikan Teri Di Pulau Pasaran

2016-12-31

Selain Pulau Kubur yang ada di Teluk Lampung, Bandar Lampung juga masih memiliki pulau yang tak kalah menarik dari pulau lainnya. Pulau Pasaran, itulah nama pulau setelah Pulau Kubur yang ada di kota Bandar Lampung. Pulau Pasaran menyajikan paket wisata yang tidak biasa seperti wisata pulau pada umumnya. Di Pulau ini anda akan menyaksikan pemandangan nelayan menangkap ikan sampai dengan mengolahnya menjadi ikan asin atau ikan teri.

Pulau Pasaran Lampung. sumber: kompasalam.com
Pulau Pasaran terletak di Kota Karang, kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung. Pada tahun 2009 pulau ini memiliki luas sekitar 12 hektare dengan penduduknya yang mencapai 1.167 jiwa. Pulau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan sepanjang 1,5 kilo meter, dan jembatan ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua saja. Pulau ini adalah sentra pembuatan ikan teri dan ikan asin terbesar di kota Bandar Lampung.

Jembatan Penyeberangan Menuju Pulau Pasaran. sumber: iqbalkautsar.com
Berkunjung ke pulau ini anda akan melihat banyak sekali kapal-kapal nelayan yang biasa digunakan untuk menangkap ikan bersandar di muara. Selain itu anda juga bisa melihat pembuatan ikan asin dan ikan teri sampai penjemurannya. Penduduk setempat juga siap mengajari anda jika anda memintanya, selain itu penduduk penghuni pulau ini juga sangat ramah. 

Kapal Nelayan Yang Bersandar Di Muara. sumber: dananwahyu.com
Kegiatan Ibu-ibu Dalam Pembuatan Ikan Teri. sumber: bugistraveler.com
Proses Penjemuran Ikan Asin. sumber: dananwahyu.com
Selain pemandangan para nelayan yang sibuk membuat ikan asin atau ikan teri, di sini anda juga bisa menyaksikan keindahan lain dari pulau ini. Anda bisa melihat gugusan pulau dari kejauhan atau anda juga melihat deretan bukit yang berjajar indah di sisi lain pulau ini. Atau jika beruntung anda bisa melihat indahnya lembayung senja saat sang surya mulai menyembunyikan senyumnya.

Gugusan Pulau Terlihat Dari Kajauhan. sumber: ananwahyu.com
Deretan Bukit Berjajar Rapih Dan Indah. sumber: ananwahyu.com
Sunset Di Panta Pasaran. sumber: bugistraveler.com
Tertarik berkunjung ke Pulau Pasaran untuk belajar membuat ikan teri atau hanya sekedar berburu sunset? Pastinya Pulau Pasaran ini akan memberi anda kesan yang berbeda dan juga pelajaran yang berharga tentunya. 

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags