Batu Lapis Dan Pulau Mengkudu - Ayo Wisata

Pencarian

Batu Lapis Dan Pulau Mengkudu

2016-12-18

Lampung Selatan, sebuah kabupaten yang ramai sekali dikunjungi wisatawan baik dari Lampung sendiri maupun dari luar Lampung. Selain jaraknya yang dekat dengan Pelabuhan Bakaheni dan juga Kota Bandar Lampung, Kabupaten ini juga terkenal akan wisata pantainya yang banyak jumlahnya. Pantai Batu Lapis dan Pulau Mengkudu, sebuah kawasan wisata yang berada di pesisir Kalianda ini sedang viral di kalangan anak muda. Pesisir Kalianda memang memiliki banyak sekali pantai, ada yang memang sudah dibuka untuk umum atau pun hanya warga lokal saja yang tahu.

Wisata Pulau Mengkudu. sumber: curutadventure.blogspot.co.id
Untuk menuju Batu Lapis dan Pulau Mengkudu sangatlah mudah. Bagi anda yang datang dari pulau Jawa, sesampainya anda di Pelabuhan Bakauheni anda hanya perlu menjangkau daerah pesisir Lampung Selatan menggunakan kendaraan pribadi anda, atau anda bisa menyewa jasa ojeg dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Sebenarnya ada dua jalur untuk menuju Batu Lapis dan Pulau Mengkudu, jalur darat dan jalur laut. Karena medannya yang tergolong sulit maka tidak disarankan bagi anda untuk menempuh jalur darat ini, kecuali bagi anda yang sudah terbiasa dengan tantanga. Sedangkan perjalanan laut menuju lokasi ini hanya memakan waktu 20 menit menggunakan perahu motor. Dari atas perahu pun kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa indah tentunya.

Perjalanan Darat. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Perjalanan Laut. sumber: teamtouring.net
Nama Batu Lapis sendiri diambil karena di kawasan wisata ini  terdiri atas batu karang yang bergaris-garis dan terlihat seperti batuan karang ini berlapis-lapis. Garis atau lapisan batuan karang ini terbentuk karena hantaman ombak laut yang terus menerus sehingga terbentuklah batuan berlapis ini. Obyek wisata Batu Lapis juga sering dijuluki Tanah Lot-nya Lampung. Sedangkan Pulau Mengkudu sendiri adalah sebuah pulau mungil yang berada di desa Batu Balak, Raja Basa. Diberi nama Mengkudu karena dulunya di pulau ini terdapat banyak sekali pohon buah mengkudu.

Pulau Mengkudu. sumber: tripadvisor.ca
Batus Lapis. sumber: lihat.co.id
Batu Lapis dan Pulau Mengkudu mulai dikenal dan melejit namanya sejak akhir tahun 2015. Di kawasan ini terdapat pasir timbul yang menghubungkan Pulau Mengkudu dan juga kawasan Batu Lapis dan tentunya semakin menambah keunikan kawasan wisata ini.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags