Pulau Sebesi dan Gunung Anak Krakatau - Ayo Wisata

Pencarian

Pulau Sebesi dan Gunung Anak Krakatau

2016-12-20

Mungkin sebagian orang awam saat ini mengenal Lampung dengan keganasan begalnya yang sangat mencuat kabarnya akhir-akhir ini. Jika anda pun berpandangan demikian maka anda pun salah. Selain terkenal dengan atraksi gajahnya, Lampung justru menawarkan anda destinasi wisata yang tak kalah indahnya dengan destinasi wisata lain yang ada di Indonesia. Membahas keindahan Lampung tentu tidak akan ada habisnya. Berada diujung pulau Sumatera menjadikan Lampung kaya akan pemandangan laut yang luar biasa indah.

Menara Siger Lampung. sumbar: lampungsae.com
Selain deretan pantai yang membentang dari kabupaten Lampung Selatan hingga ke ujung kabupaten Pesisir Barat, Lampung juga memiliki wisata pulau-pulau kecil yang juga wajib untuk dikunjungi bila anda berada di Lampung. Satu diantaranya ialah Pulau Sebesi. Berkunjung ke Pulau Sebesi tidak lengkap rasanya bila anda tidak berkunjung ke Gunung Anak Krakatau. Jadi dua tempat ini akan menjadi satu pekat wisata bila anda berlibur ke Pulau Sebesi. 

Pintu Masuk Kawasan Wisata Pulau  Sebesi. sumber: melancongterus.wordpress.com

Pulau Sebesi Sendiri adalah sebuah pulau kecil yang secara administratif berada di wilayah desa Tejang, kecamatan Rajabasa, kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Pulau yang berbentuk seperti gunung dengan ketinggian sekitar 844 m dari permukaan laut ini berada di Selat Sunda atau wilayah selatan perairan Lampung. Pulau ini adalah daratan yang paling dekat dengan Gunung Anak Krakatau dan turut menjadi saksi keganasan dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam. Pulau Sebesi ini juga terkenal dengan kesuburannya sejak dahulu. Saat ini Pulau Sebesi selain unggul dari sektor perkebunannya, pantai ini juga menjadi andalan Lampung Selatan sebagai destinasi wisata para pelancong yang ingin menikmati keindahan pulau ini dan juga Gunung Anak Krakatau.

Pumandangan Pulau Sebesi. sumber: republika.co.id
Pulau Sebesi terdiri atas empat dusun utama dan beberapa dusun kecil yang masih berada di bawah naungan dusun utana. Empat dusun tersebut adalah dusun Bangunan, dusun Inpres, dusun Segenom, dan dusun Regahan Lada. Luas Pulau Sebesi adalah 2620 ha dan panjang 19,55 km dengan daratan yang terdiri atas endapan gunung berapi dan merupakan daratan perbukitan. 

Untuk menuju pulau ini anda bisa menggunakan kapal motor melalui dermaga Canti, Kalianda, Lampung Selatan. Tarif yang dipasang oleh pemilik kapal untuk mengantarkan pengunjung adalah sebesar Rp. 2.000.000,- untuk 20 orang penumpang. 

Dermaga Canti Kalianda. sumber: wildestact.blogspot.co.id
Dermaga Pulau Sebesi. sumber: keripik-lampung.com
Setibanya anda di Pulau Sebesi anda akan disajikan pemandangan petani yang hilir mudik mengangkut hasil panen. Di pulau ini juga sudah tersedia fasilitas bagi para pengunjung, diantaranya adalah penginapan dan juga kantin atau para penjual makanan, di sini juga sudah tersedia alirian listrik yang hanya akan menyala dari pukul 6.00 sore sampai dengan pukul 12.00. Jadi bagi anda yang berkesempatan berkunjung ke Pulau Sebesi, anda harus menghemat daya batrai anda atau dengan membawa cadangan daya seperti power bank.

Penginapan di Pulau Sebesi. sumber: adikristanto.net
Dari pulau ini anda bisa melihat pemandangan Gunung Anak Krakatau dan juga bisa mengunjunginya. Cukup dengan menyewa kapal kita akan diantarkan menuju Gunung Anak Krakatau dan mendaki gunung tersebut.

View Gunung Anak Krakatau dari Kejauhan. sumber: adikristanto.net
Lereng Gunung Anak Krakatau. sumber: adikristanto.net
Track Menuju Gunung Anak Krakatau. sumber: adikristanto.net

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags