Pulau Sebuku - Ayo Wisata

Pencarian

Pulau Sebuku

2016-12-15

Pulau Sebuku adalah salah satu pulau paling besar yang berada di perairan selat sunda yang memisahkan pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Lokasi Pulau Sebuku ini berada di wilayah teluk Lamapung atau pun di titik sekitar 2,5 km sebelah utara dari Pulau Sebesi dan sekitar 2,3 km di selatan Pulau Sumatera. Secara administratif Pulau Sebuku ini berada di wilayah Kalianda-Lampung Selatan.

View  Pulau Sebuku. sumber: jiebelula.wordpress.com
Pulau ini sebenarnya cukup populer sebagai destinasi wisata bahari, seperti menikmati keindahan pantai, berenang, diving atau snorkling. Panorama laut dan juga pantai di pulau ini cukup memanjakan mata anda. Gugusan pantai yang landai berpasir putih dan lembut seperti tepung disertai air laut yang biru kehijauan sangat eksotis dan memanjakan para wisatawan. Keindahan alam bawah lautnya pun sangat menarik untuk dijelajahi.

Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi. sumber: www.femina.co.id


Pulau Sebuku ini merupakan pulau yang tak berpenghuni dengan luas sekitar 17.71 km persegi. Dulu pada sekitar 1920-an pulau ini sangat terkenal sebagai sebuah area perkebunan penghasil kopra. Namun karena pengelolaan yang kurang, hasil perkebunannya tidak sebesar dulu.
Tidak jauh dari Pulau Sebuku terdapat Pulau Sebesi yang luasnya 16 km persegi. Pulau tak berpenghuni itu kini menyediakan akomodasi untuk wisatawan yang mengunjungi Pulau Sebuku atau Gunung Anak Krakatau dari kedua pulau ini. Tentunya bisa mengamati Anak Krakatau dari kejauhan dapat menambah kesan tersendiri bagi para wisatawan.

Gunung Anak Krakatau Tampak dari Kejauhan. sumber: curutadventure.blogspot.co.id


Pulau Sebuku dan Sebesi ini memang kurang populer sebagai lokasi penyelaman karena jaraknya yangjauh dari pulau jawa atau belum banyak ditemukan titik-titik penyelaman yang bagus dan aman di kawasan ini. Kebanyakan para wisatawan lebih memilih untuk bersnorkling di sekitar pulau Rakata yang beradadi Lagoon Cabe di Kepulauan Krakatau.

Snorkling di Pulau Sebuku. sumber: frenkeyblog.com


Wisatawan yang ingin mencoba bermain dikawasan ini perlu mewaspadai ubu-ubur yang dapat membuat sensai rasa gatal pada saat snorkling di sekitar pantai Pulau Sebuku. Waspadai juga akan adanya bulu babi yang terkadang ditemukan disekitaran pantai. Karena Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, maka terkadang gelombang laut juga akan terasa cukup besar.


No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags