Lomba Perahu Jukung Di Pantai Kunjir - Ayo Wisata

Pencarian

Lomba Perahu Jukung Di Pantai Kunjir

2017-01-02

Pesona wisata bahari di Lampung Selatan memang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari pantai berpasir lembut sampai dengan pantai yang penuh misteri dan legenda pun ada di sini. Deretan pantai yang tersebar membentang di sepanjang pesisir selatan Lampung ini pun sayang untuk dilewatkan tentunya jika tiba waktu liburan. Dengan bermunculan pantai-pantai baru di kawasan Lampung Selatan ini tentunya semakin menambah pilihan lokasi wisata yang wajib di kunjungi. Baru-baru ini pemerintah kabupaten Lampung Selatan resmi membuka sebuah pantai di kawasan desa Kunjir, kecamatan Raja Basa yang juga diberi nama Pantai Kunjir. Peresmian pantai ini adalah sebagai upaya pengembangan potensi desa Kunjir guna meningkatkan roda perekonomian masysarakat setempat.

Peresmian Pantai Kunjir. sumber: pokdarwis-wayterjun.blogspot.co.id
Seperti kebanyakan pantai yang ada di Lampung Selatan, pantai ini juga memiliki pemandangan yang cukup indah. Yang juga menjadi keistimewaan pantai ini adalah kecantikan ekosistem terumbu karangnya. Ekosistem terumbu karangnya beragam dan tersebar disepanjang pantai dengan kedalaman 1 meter hingga 7 meter. Pasir pantainya juga bersih lengkap dengan pemandangan bukit yang berjajar.

Pemandangan Yang Tersuguh Di Pantai Kunjir. sumber: lihat.co.id
View Perbukitan Pantai Kunjir. sumber: kaliandanews.com
Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai rata-rata bekerja sebagai petani dan nelayan. Tidak jauh dari Pantai Kunjir terdapat sebuah pasar ikan yang menjual berbagai ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa sekalian melihat aktivitas jual beli di pasar ikan ini. Atau bisa pula berbelanja hasil laut di sini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, terlebih lagi hasil laut yang dijual di pasar ini masih dalam kondisi segar.

Yang membuat pantai ini lebih menarik adalah adanya agenda tahunan yakni "Perlombaan Perahu Jukung". Lomba ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan dari "Festival Raja Basa" yang biasa diadakan oleh Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Kabupaten Lampung Selatan.

Perahu Yang Siap Mengikuti Lomba Perahu Jukung. sumber: lihat.co.id
Untuk menuju Pantai Kunjir anda harus menempuh waktu selama kurang lebih 2 jam hingga 3 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Atau sekitar 30 menit dari kota Kalianda ke arah Lingkar Selatan dari arah Barat yang melalui dermaga Canti. Harga tiket masuk Pantai Kunjir pun relatif murah. Anda cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- saja berikut dengan parkir yang luas, anda sudah bisa bersantai di pantai ini.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags