Menelusuri Jejak Letusan Gunung Krakatau Di Pantai Blebug Bakauheni - Ayo Wisata

Pencarian

Menelusuri Jejak Letusan Gunung Krakatau Di Pantai Blebug Bakauheni

2017-01-02

Berbicara tentang destinasi wisata bahari Lampung tentunya tidak akan pernah ada habisnya. Lampung memiliki banyak sekali stok dari yang masih perawan sampai dengan yang sudah terkenal di mata dunia. Destinasi wisata yang terdiri atas wisata pantai dan pulau ini tersebar hampir diseluruh kabupaten yang ada di Lampung. Salah satu kabupaten yang turut menyumbangkan wisata bahari di Lampung adalah kabupaten Lampung Selatan. Letaknya yang ada di ujung selatan Lampung dan berbatasan langsung dengan Selat Sunda membuat Lampung Selatan dikaruniai banyak pantai dan juga pulau. Salah satu pantai yang juga dimiliki oleh  Lampung Selatan adalah Pantai Blebug.

Pantai Blebug. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Pantai yang berada di kawasan desa Kelawi, kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan ini menyuguhkan pemandangan laut yang bersanding dengan perbukitan yang sangat indah dipandang mata. Pemandangan yang sangat kontras saat anda menghadap kearah laut. Disis kanan anda akan melihat pantai dengan hamparan pasir yang nyaris tidak ada batu yang terhampar. Namun berbeda dengan sisi sebelah kiri yang terdapat banyak sekali batu dan menyerupai seperti benteng pelindungan. Menurut cerita masyarakat setempat batu-batu tersebut berasal dari muntahan letusan Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1883. Pemandangan bukit hijau dari arah timur dan barat yang tersuguh tentunya akan memanjakan mata anda.

Sisi Kanan Pantai. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Sisi Kiri Pantai. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Perbukitan Hijau Di Sekitar Pantai. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Pemberian nama Pantai Blebug sendiri menerut penuturan warga setempat berasal dari kata "Blebug" yang menurut mereka kata tersebut memiliki arti "Tsunami" bila dalam bahasa sekarang. Jika ditelusuri, pantai ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan letusan Gunung Krakatau. Itulah sebabnya kenapa pantai ini diberi nama Blebug atau Tsunami.

Pantai ini juga dijadikan lahan pencaharian oleh nelayan-nelayan setempat, terlihat ada beberapa perahu bersandar di pinggiran pantai. Selain itu juga ada terdapat bagan apung yang menandakan pantai ini memiliki potensi perikanan yang bisa menjadi penghidupan warga setempat.

Perahu Nalayan Setempat. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Bagan Apung Di Pinggir Pantai. sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com
Letaknya yang berdekatan dengan Pelabuhan Bakauheni membuat pantai ini mudah ditemukan. Dibutuhkan waktu tidak sampai 1 jam untuk menuju pantai ini. Anda bisa naik ojek atau mobil pribadi untuk sampai ke lokasi Pantai Blebug. Bagi anda yang berada di Bandar Lampung, anda harus menempuh waktu selama kurang lebih 3 jam sampai 4 jam perjalanan untuk sampai di lokasi ini. Namun dikarenakan kondisi jalan yang kurang bersahabat, maka disarankan agar anda mengendarai kendaraan roda 2. Juga disarankan agar anda membawa perbekalan, karena di pantai ini tidak terdapat warung-warung penjaja makanan.

Tertarik menjelajahi indahnya Pantai  Blebug dan menelusuri jejek letusan Gunung Krakatau? Segera jadwalkan liburan anda ke Pantai Blebug dan ajak sanak saudara ke sini.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags