Menikmati Hawa Dingin Di Pekon Kelungu Dan Menguji Adrenalin Di Air Terjun Way Tapus Tanggamus - Ayo Wisata

Pencarian

Menikmati Hawa Dingin Di Pekon Kelungu Dan Menguji Adrenalin Di Air Terjun Way Tapus Tanggamus

2017-01-26

Bung Lumba (Maskot Kabupaten Tanggamus). sumber: pekon-sukanegerijaya.blogspot.co.id
Tanggamus, sebuah kabupaten bermaskot lumba-lumba ini memiliki keunikan dan berjuta potensi alam yang sungguh luar biasa. Terdapat banyak sekali perkebunan yang menjadi sektor utama kabupaten ini. Perkebunan kopi, lada, dan cengkeh adalah sektor andalan penduduk Tanggamus yang memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Tak heran masyarakat Tanggamus sangat menggantungkan hidup mereka kepada hasil perkebunan.

Kondisi daratan yang merupakan dataran tinggi yang dilewati aliran sungai membuat kabupaten ini memiliki beberapa lokasi air terjun yang juga di manfaatkan oleh penduduk untuk menggerakkan generator sebagai pembangkit listrik. Selain dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, beberapa air terjun ini juga kini menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan baik pada hari-hari biasa maupun pada saat hari libur tiba. Satu diantaranya adalah Air Terjun Way Tapus yang kini mulai dikunjungi wisatawan. 

Air Terjun Way Tapus. sumber: celotehwisatatanggamus.wordpress.com
Meskipun air terjun ini masih belum dikenal seperti wisata Air Terjun Lembah Pelangi yang berada di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu dan Air Terjun Way Lalaan yang berada di Pakon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung timur, namun Air Terjun Way Tapus ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan kedua air terjun tersebut. Air terjun yang berada di Dusun Sinar Lebak, Pekon Kelungu, Kecamatan Kota Agung ini memiliki pesona yang cantik dan menawan. Pemandangan yang masih alami perpadu dengan hawa dingin khas pegunungan siap menyapa anda tatkala anda berada disini.

Pemandangan Air Terjun Way Tapus Dari Dekat. sumber: jurnalisttanggamus.wordpress.com
Untuk menikmati indahnya ciptaan sang maha kuasa ini anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dangan track yang cukup menantang dan menguras tenaga. Tujuan utama yang harus anda tuju adalah Kota Agung dengan lakma waktu tempuh sekitar 1,5 -2 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Setelah anda tiba di Kota Agung, perjalanan berlanjut selama sekitar 20 menit ke arah Dusun Sinar Lebak, Pekon Kelungu. Tiba di Pekon Kelungu anda bisa menitipkan kendaraan anda di rumah warga atau juga bisa anda titipkan di tempat penitipan kendaraan. Selanjutnya perjalanan masih berlanjut selama sekitar 1,5 jam lagi menuju ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki. Kondisi jalan yang tidak memungkinkan anda membawa kendaraan mengharuskan anda menempuhnya dengan berjalan kaki. Perjalanan yang tidak biasa harus anda lewati untuk sampai di lokasi air terjun. Anda juga akan menaiki dan menuruni jalan perbukitan dengan menyeberangi sekitar 7 aliran sungai yang berbatu licin. Jadi disarankan agar berhati-hati saat melintasi kawasan ini. Dibeberapa track anda akan dihadapkan dengan jalan setapak yang bersebelahan dengan jurang yang memiliki kedalaman hingga 5 meter dan beralaskan aliran sungai.

Aliran Sungai Di Sekitar Air Terjun Way Tapus. sumber: celotehwisatatanggamus.wordpress.com
Namun semua perjuangan anda akan terbayar lunas dengan dengan pemandangan yang akan anda dapatkan. Rasa lelah yang mendera selama perjalanan akan hilang seketika saat anda memasuki kawasan air terjun. Anda bisa sekedar menikmati indahnya pesona alam di sekitar air terjun dan anda juga bisa mengabadikan momen dengan lensa kamera anda atau mandi dikolam air dibawah air terjunnya.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags