Menapaki Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Lembah Pelangi Ulu Belu - Ayo Wisata

Pencarian

Menapaki Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Lembah Pelangi Ulu Belu

2017-01-18

Menara Siger Lampung. sumber: newswisata.com
Lampung, sebuah surga kecil di unjung selatan Pulau Sumatera. Pemandangan laut lengkap dengan pemandangan bukit barisan yang membentang membuat Lampung menjadi surga bagi para penghobi liburan. Mungkin perjalanan yang cukup melelah dan tergolong ekstrim sesuai dengan pemandangan yang akan anda dapatkan dihampir semua lokasi wisata yang ada di Lampung.

Satu diantara lokasi wisata yang ada di Lampung dan memiliki pemandangan luar biasa adalah Air Terjun Lembah Pelangi. Lokasi wisata ini berada Pekon/Desa Suka Maju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Air Terjun Lembah Pelangi ini pada mulanya bernama Air Terjun Pondok Rejo. Diberi nama Lembah Pelangi karena pada saat cuaca yang cerah akan terlihat sinar matahari yang berpaparan langsung dengan air terjun dan cahaya tersebut terpantul membentuk sebuah pelangi, itulah sebabnya air terjun ini diberi nama Air Terjun Lembah Pelangi.

Air Terjun Lembah Pelangi. sumber: jelajahlampung.com
Air Terjun Lembah Pelangi yang berada di Kecamatan Ulu Belu ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan pada tahun 2015 lalu. Untuk pemandangan tidak perlu diragukan lagi. Pemandangan indah air terjun akan tersuguh sekitika saat anda memasuki lokasi wisata ini. Selain itu, air terjun ini juga memiliki dua lokasi. Lokasi pertama berada dibagian atas dengan ketinggian air terjun mencapai 90 meter, sedangkan lokasi kedua berada dibawahnya yang merupakan aliran dari air terjun yang berada di atas dengan ketinggian mencapai 50 meter.

Lokasi Ke 2 Air Terjun Lembah Pelangi. sumber: triephod.wordpress.com
Lokasi Pertama Air Terjun Lembah Pelangi. sumber: triephod.wordpress.com
Untuk menuju lokasi wisata ini anda harus menempuh perjalanan dengan melewati beberapa kabupaten, diantaranya adalah Bandar Lampung, Pesawaran, Peringsewu, dan Tanggamus. Titik utama yang harus anda tuju adalah Kecamatan Talang Padang karena dari sinilah perjalanan masuk ke arah Kecamatan Ulu Belu dimulai. Setelah tiba di Talang Padang perjalanan yang harus anda tuju selanjutnya adalah ke arah Bendungan PLTA Batutegi, lalu anda ikuti saja jalan tersebut hingga anda menemukan pertigaan yang mana satu arah menuju Bendungan PLTA Batutegi dan arah yang lain menuju Ulu Belu. Kemudian anda pilih saja arah Ulu Belu dan ikutin jalan tersebut hingga anda bertemu dengan Pekon/Desa Suka Damai ke arah Pekon Ngarip. Setelah anda sampai di Pekon Ngarip perjalanan masih berlanjut hingga Pekon Sukamaju. Kemudian setibanya anda di Pekon Sukamaju, perkirkan kendaraan anda di kebun kopi milik warga setempat. Anda cukup membayar kontribusi sebesar Rp. 3.000,- kemudian anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan Air Terjun Lembah Pelangi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke lokasi wisata ini adalah yang pertama, usahakan untuk membawa kendaraan sendiri karena untuk masuk ke kawasan air terjun medan yang harus anda lalui tidak seperti yang anda bayangkan. Yang ke dua, jangan malu untuk bertanya kepada warga jika anda masih baru pertama kali berkunjung ke lokasi ini. Yang ke tiga, usahakan berkunjung bersama dengan rombongan, karena selain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, akan lebih seru tentunya jika berkunjung beramai-ramai. Yang ke empat, usahakan pada saat berkunjung tubuh anda sedang dalam kondisi yang prima, karena medan menuju air terjun akan sangat menguras tenaga anda. Yang ke lima, usahakan berkunjung pada saat musim kemarau, karena pada saat musim hujan kondisi jalan yang masih tanah akan sulit di lalui dan tentunya semakin mempersulit anda. Yang ke enam, usahakan untuk membawa perbekalan sendiri karena di sekitar likasi air terjun tidak ada penjaja makanan. Dan yang terakhir, tetep jaga kebersihan.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags