Menikati Indahnya Pemandangan Perbatasan, Danau Ranau - Ayo Wisata

Pencarian

Menikati Indahnya Pemandangan Perbatasan, Danau Ranau

2017-01-11

Lampung memang terkenal sebagai surganya wisata. Provinsi Lampung memiliki banyak sekali kawasan wisata yang ramai dikunjungi pada saat libur tiba. Selain Pulau Pahawang, Pantai Sari Ringgung dan Pantai Tanjung Setia, Lampung masih mempunyai kawasan wisata yang juga wajib untuk dikunjungi saat anda berada di Lampung. Satu diantaranya adalah lokasi wisata Danau Ranau.

Danau Ranau. sumber: rizkirahmatia.wordpress.com
Secara geografis letak Danau Ranau tidak mutlak berada di Lampung, karena memang danau ini terletak di perbatasan antara kabupaten Lampung Barat, Lampung dan kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan. Danau Ranau tercipta akibat gempa besar dari aktivitas vulkanik guning berapi yang kemudian membuat sebuah cekungan yang sangat besar. Danau ini memiliki luas 125,9 kilo meter dangan kedalaman hingga 229 meter yang yang menjadikan danau ini terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Pemandangan Indah Danau Ranau. sumber: kompasiana.com
Berada di kawasan perbukitan membuat lokasi wisata ini memiliki cuaca yang cukup sejuk. Pemandangan yang ada di sekeliling danau pun tidak kalah menakjubkan dengan pemandangan yang ada di Danau Toba. Selain itu juga di tengah-tengah danau ada sebuah pulau kecil bernama Marisa yang terdapat sumber mata air panas dan menjadikan pulau tersebut tujuan lain para wisatawan. Untuk menuju pulau tersebut anda bisa menyewa perahu motor yang memang telah disediakan oleh nelayan setempat dengan tarif yang cukup murah yakni Rp. 50.000,-  dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Selain itu juga pemandangan di pagi dan sore hari di sini pun sangat indah, kita bisa melihat dengan jelas saat-saat sang surya mulai memancarkan sinarnya menerangi dunia. Pemandangan indah lainnya tersaji tatkala sang surya meredupkan sinarnya dan bersembunyi di balik bukit.

Perahu Nelayan Yang Siap Mengantar Anda Ke Pulau Marisa. sumber: rizkirahmatia.wordpress.com
Pemandangan Sore Hari Di Danau Ranau. sumber: rizkirahmatia.wordpress.com

Pemandangan Sore Hari Di Danau Ranau. sumber: rizkirahmatia.wordpress.com
Ada dua rute yang bisa anda tempuh untuk menuju ke tempat ini, yaitu:

1. Jika anda berasal dari kota Palembang, anda bisa memilih rute dari Palembang - Prabumulih-               Baturaja-Muaradua dengan lama perjalanan sekitar 7-8 jam.

2. Dan bagi anda yang berada di Pulau Jawa atau Lampung, anda bisa melalui rute Bandar Lampung -     Kota Bumi - Bukit Kemuning - Liwa Kotabatu - Suka Marga atau Banding Agung dengan lama perjalanan sekitar 6-7 jam dari pusat kota Bandar Lampung.

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags